Tutorial cara install beberapa versi mozilla firefox ini, bahkan bisa banyak versi, saya tujukan khusus buat Anda pengguna browser mozilla firefox, entah untuk keperluan browsing atau cuma sekedar untuk menjalankan script iMacros. Silakan abaikan artikel ini jika anda bukan pengguna Mozilla Firefox.

Menginstall banyak versi firefox memang untuk apa?

Saya jawab dulu jika anda ada pertanyaan seperti itu. Bagi sebagian pengguna browser mozilla firefox pasti paham di tiap versi yang dirilis ada plus dan minusnya. Terkadang di sebagian device komputer, beda versi beda juga tingkat kestabilan penggunaannya.

Saya pun demikian. Di laptop saya sendiri saya install banyak versi karena tiap versi yang saya install terkadang mengalami trouble atau stuck. Alasan lainnya karena saya membutuhkan versi lawas untuk menjalankan tools ataupun bebereapa addon yang hanya support di versi lawas. Dan alasan utama saya karena saya gunakan untuk menjalankan iMacros.

Caranya mudah, saya sudah buatkan anda tutorialnya berupa video yang bisa anda lihat di artikel ini juga di bawah dan sudah saya upload juga ke channel youtube saya. Panduan singkatnya bisa simak caranya berikut ini.

Langkah pertama:

  1. Download dulu installer versi yang ingin Anda install di halaman ini, simpan ke komputer Anda.
  2. Jalankan installer yang sudah anda download
  3. Klik Next pada “Welcome to the Mozilla Firefox Setup Wizard”
  4. Pada “Setup Type” pilih/checklist “Custom” dan klik Next
  5. Pada “Choose Installation Location” tentukan/ganti dengan lokasi folder berbeda, default “C:\Program Files\Mozilla Firefox\” silakan Anda ubah misalnya “C:\Program Files\Mozilla Firefox 49\”, klik Next
  6. Hilangkan saja semua tanda “centang” dan Next
  7. Next-next saja sampai proses instalasi berjalan.
  8. Buka/launch saat instalasi selesai.

Pada tahap ini Anda sudah selesai menginstal. Silakan anda matikan fitur “Update Otomatis” agar versi tidak berubah. Langkah berikutnya adalah membuat akses/shortcut pada versi yang kita buat.

Langkah kedua:

  1. Di desktop komputer Anda, silakan duplikat shortcut Mozilla Firefox (caranya copy paste shortcut tersebut)
  2. Maka akan ada 2 shortcut Mozilla Firefox di desktop. Klik kanan salah satunya, klik “Properties
  3. Isi kolom Target: “C:\Program Files\Mozilla Firefox 49\firefox.exe
  4. Kolom Start in: “C:\Program Files\Mozilla Firefox 49
  5. Pastikan lokasi folder sesuai dengan lokasi saat anda melakukan instalasi di awal
  6. Klik “Apply” dan OK.

Proses instalasi dan setting shortcut sedah selesai. Anda sudah berhasil install 2 versi Mozilla Firefox. Untuk menambahkan versi berbeda, lakukan dan ulangi dari langkah pertama.

Semoga tidak bingung dan bisa dipahami. Untuk tutorial lebih jelasnya bisa lihat video di bawah.