Trik Membuat Konten-mu Viral di Instagram
Inilah 6 Teknik Membuat Konten-mu Viral di Instagram

Teknik Membuat Konten-mu Viral di Instagram by wishberry.in

Tahun ini, sosial media (khususnya Instagram) sudah bukan hanya menjadi ajang untuk eksis, namun sudah berubah menjadi tren dan juga media untuk menghasilkan karya. Tidak hanya sekedar sebuah paltform untuk bersosialiasi dengan teman, untuk sekedar “say hi!“, untuk sekedar media penyimpanan album kenangan, sosial media sudah lebih dari itu, bahkan saat ini sudah merujuk pada media untuk menebar manfaat sekaligus untuk mengumpulkan tribes tersendiri.

Tak sedikit pula yang memanfaatkan sosial media untuk menebarkan informasi tidak baik, hoax, berita buruk, kebencian, atau hal-hal yang bersifat menyesatkan opini publik untuk kepentingan suatu golongan ataupun pribadi. Meski sama-sama menciptakan konten ataupun karya, bahkan sekedar untuk menaikkan follower, namun semua pilihan ada di tangan anda, mau membuat konten prositif dan bermanfaat atau berita hoax dan negatif?

Kolampixel akan medikit mengurai ulasan tentang trik yang bisa kamu terapkan agar bisa menciptakan sebuah konten yang viral dan menarik banyak follower. Semoga bisa menambah insight kamu!

1. Agar konten lebih terarah, buatlah konsep 5W 1 H sebelum membuat konten

5W1H - Teknik Membuat Konten-mu Viral di Instagram

5W 1H by muzhof.com

Membuat konten pada instagram memang gampang-gampang susah. Sepeti yang dilansir socialmediaweek.org, menurut Danny Syah, Chief Marketing Officer dari Infia Media Pratama yang mengelola akun Dagelan, tak ada formula pasti dalam membuat sebuah konten. Ada yang ditaksir akan jadi viral, ternyata tidak. Ada yang dianggap biasa-biasa saja, ternyata bisa viral dimana-mana.

Jadi, yang perlu menjadi fokus saat akan membuat sebuah konten adalah memakai konsep 5W 1H, yaitu; apa yang akan dibuat (what), mengapa memilih tema tersebut (why), kapan waktu yang tepat (when), di mana pelaksanaannya (where), siapa saja yang akan terlibat dan siapa target sasarannya (who), dan terakhir bagaimana menjalankannya (how).

2. Buatlah konten yang unik dan menarik. Tak masalah jika kamu bukan jadi yang pertama, tapi kreatiflah untuk membuat kontenmu lebih menyedot perhatian

Mungkin kamu bukan yang pertama menciptakan sebuah konten tertentu. Sudah ada banyak yang lebih dulu memulai dalam bidang konten yang serupa. Namun, itu bukanlah jadi soal. Yang perlu kamu garis bawahi, buatlah konten yang unik dan menarik.

Meski isinya mirip, kamu bisa membuat cara penyampaian pesannya yang berbeda, gaya bahasa yang dibuat tak sama, atau desain yang dibuat lebih menarik. Di sini, kreativitas dan strategi yang tinggi sangat diperlukan.

3. Meski kelihatannya mudah karena cuma ngurusin instagram, tapi kalau nggak giat dan konsisten, semuanya akan jalan sia-sia

Kelihatannya sih gampang cuma main-main Instagram saja, tapi nyatanya nggak semudah yang dilihat. Kamu harus menjaga kontennya agar tetap konsisten, dan itu bisa dibilang cukup sulit apalagi saat baru saja memulai, semua konten masih rintisan, respon belum massive dan ramai. Namanya juga usaha. Kamu tetap harus giat dan juga konsisten untuk terus perhatian terhadap konten yang kamu buat, ya!

4. Serius bikin konten di Instagram berarti paling tidak harus ada 1 postingan dalam sehari. Tenang, pakai saja tagar-tagar harian ini

Paling tidak, kamu harus menciptakan konten setiap hari. Hal ini ditujukan agar orang selalu melihat akunmu ‘hidup’. Agar tak bingung, kamu bisa membuat segmen yang berbeda tiap harinya. Berkaitan dengan poin sebelumnya, itulah mengapa pada bagian ini konsisten itu perlu.

Misalnya hari Senin, khusus berbicara mengenai masalah budaya, maka tambahkan tagar #SeninBudaya. Jumat, waktunya mengunggah postingan yang berhubungan dengan ucapan syukur, maka tambahkan tagar #JumatBerkah. Atau hari Minggu khusus membahas liburan dengan tagar #MingguTraveling.

5. Perhatikan prime time, yaitu waktu yang dianggap paling baik dalam mengunggah postingan di instagram. Catat baik-baik!

Mengurus sebuah akun dalam konten khusus tidak boleh asal upload. Kamu harus tahu mengenai prime time, waktu terbaik dalam mengunggah sebuah postingan di Instagram. Beberapa orang yang bergerak dalam bidang ini rata-rata menyebutkan bahwa prime time yang dimaksud adalah; bangun tidur, jam makan siang, sebelum jam pulang kantor, dan pukul 7-11 malam.

6. Mulai sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Jika ditanya kapan waktu yang tepat untuk memulai, mulailah sekarang juga. Jangan dikira membuat sebuah konten hanya sekadar main-main saja. Dengan membuat konten Instagram, kamu bisa mendapat banyak manfaat, lho. Nggak hanya followers, kamu bisa juga mendapatkan keuntungan secara materi.

Banyak produk yang akan melirik akunmu untuk di-endorse atau sebagai ajang promosi sebuah event. Semakin banyak followers yang kamu punya, semakin tinggi bayaran yang bisa kamu dapatkan per postingannya. Atau, sebagai founder, kamu bisa juga diundang sebagai pembicara. Kini, banyak talkshow mengudang pembicara yang aktif di dunia sosial, salah satunya content creator.

7. Mau yang instan? Repost konten yang terbukti viral, tentunya dengan cara yang benar

Membuat konten repost dari akun lain tidak disalahkan oleh instagram, kita boleh melakukan repost atau posting ulang konten orang lain dengan cara yang benar, seperti tetap mencantumkan sumber konten salah satunya dengan minta ijin atau mention akun asli di dalam postingan kita.

Namun, hanya sekedar repost konten milik orang lain tidak semerta-merta bisa begitu saja manejadi viral, beberapa tips dari saya berikut ini bisa kamu coba terapkan:

+ Cari konten yang sudah terbukti banyak engagement (like, komen, viewers video)+ Gunakan replated hashtag, hashtag terkait dengan hashtag utama+ Tambahkan beberapa hashtag yang saling terkait

Saya sendiri menggunakan aplikasi bernama virol untuk menemukan 3 kategori di atas. Teman-teman bisa menggunakan dengan cara “search” konten dari kolom pencarian di instagram.

Jadi gimana, sudah kepikiran mau bikin konten apa hari ini?

30 DAY MENTORING FB ADS WITH RISETIC

​AKAN ​DITUTUP KURANG DARI: