Saya pribadi agak kurang nyaman mendapatkan pesan Whatsapp (WA) maupun SMS “promosi” dari orang yang gak saya kenal. Entah dari mana mereka dapet kontak saya. Yang jelas saya gak pernah mempublikasikan kontak saya.

Semoga tips saya berikut ini bisa sedikit bermanfaat menghindari SPAM message.

1. Jangan posting status pakai nomor hp. Jika anda lakukan itu artinya anda mengijinkan orang lain menyimpan nomor anda dan menghubungi anda. Harapan anda mungkiin hanya mereka yang mau order produk/jasa anda, namun kenyataannya “konsumen” nda yg lain (baca kompetitor) juga bisa menghubungi anda

2. Jangan posting nomor hp di website. entah web anda pribadi atau web orang lain (marketplace). Jika anda sengaja melakukan itu artinya anda sudah mempublikasikan hp anda artinya anda mengijinkan calon “konsumen” anda menyimpan dan emngirim pesan ke kotnak anda.

3. Jangan posting nomor anda ke youtube apalagi sampai masuk pencarian Google.

4. Jangan cantumkan nomor anda di iklan koran/majalah/tabloid/buku/banner/pamflet/leaflet/selebaran promosi. kaerna itu sifatnya publik.

5. Jangan cantumkan nomor anda di email.

6. Jangan join ke grup WA. karena wa masih “mengijinkan” user lain melihat kontak anda sebagi member. dan itu masih bersifat publik. Kenapa saya bilang begitu? karena Telegram tidak mengijinkan user lain melihat nomor hp user lain.

7. Jangan menyimpan nomor anda di profile sosial media secara “publik” bukan diprivate.

Jika anda sudah menempatkan nomor anda secara PUBLIK artinya anda mengijinkan orang lain (konsumen) menyimpan dan menghubungi anda dengan harapan mereka ORDER produk/jasa anda.

Sedangkan “konsumen” punya 2 arti, calon pembeli dan kompetitor.

ketika kompetitor anda sudah mendapatkan kontak anda yang sudah anda publikasikan dengan cara MASSAL (misal menggunakan tools mzen.club/sb)
sadar ataupun tidak anda sudah mengijinkan mereka mengirim pesan kepada anda, entah itu pesan promosi atau pesan order.

Jadi anda tidak perlu BERDEBAT dengan yang lain perihal tindakan SCRAPE, dengan kata laiin mengumpulkan nomor hp yang sudah dipublikasi dengan bantuan sebuah tools.

Jika anda SCRAPE kontak yang tidak dipublikasi (7 poin di atas), silakan saja sebut itu tindakan “mencuri”.

Buat pembelajaran, silakan baca pelan2:

http://mzen.club/cara-mendapatkan-ribuan-nomor-hp-dan-email-sekali-klik